Monday, October 1, 2007

J-Rocks Dengan Spirit 2007nya


Akhirnya, J-Rocks, band Indonesia yg musiknya sangat terinpirasi dengan musik Jepang, merilis album barunya yg dikasih judul Spirit. Ini adalah album kedua mereka. Sebelumnya J-Rocks pada tahun 2005 sudah merilis album perdana yg dikasih judul Topeng Sahabat. Kehadiran band J-Rocks di belantika musik Indonesia memang sempat mengundang reaksi di mana-mana. Terlebih para fans musik Jepang. Mereka dengan mudah menuduh bahwa J-Rocks adalah band jiplakan L'Arc~en~Ciel [Laruku], salah satu band Jepang yg paling dikenal di Indonesia sini. Dan juga lagu-lagu yg diciptakan J-Rocks sangat familiar sekali musiknya dengan lagu-lagunya Laruku. Semenjak itu dimulailah aksi hujat terhadap kehadiran band ini.
Bagaimana dengan aku sendiri? Awalnya sempat terbawa juga dengan gelombang hujat tersebut. Namun, tidak berlangsung lama aku baru sadar. Seharusnya band seperti J-Rocks ini lah yg perlu didukung sepenuhnya. Kenapa? Ya dengan adanya J-Rocks, secara otomatis juga akan dan bisa memperkenalkan kepada masyarakat sini [walaupun tidak secara langsung] dengan musik-musik asal negara Matahari Terbit tersebut. Sebab selama ini, masih ada saja beberapa pihak yg meremehkan kualitas musik Jepang itu sendiri. Padahal nyatanya, musik Jepang sangat kaya dan beraneka ragam tuh. Dan yg pasti juga kreatif dalam menciptakan warna musik.
Aku maklumi saja jika album Topeng Sahabat seperti kata orang terlalu "Laruku" banget. Orang namanya terinspirasi, so wajar aja khan jika ada yg mirip. Tuh band Nidji yg kental banget dengan nuansa British Pop-nya, kok gak diapa-apain? Walaupun album pertama J-Rocks aku maklumi, namun aku memberikan kesempatan bagi J-Rocks di album kedua nanti untuk membuktikan kemampuan musikalitas mereka di dalam menciptakan lagu yg benar-benar merupakan karakter dari J-Rocks itu sendiri. Boleh saja mengambil sedikit warna dari sebuah band Jepang, asal ingat, karakter J-Rocks musti terlihat.
Dan akhirnya hal tersebut menjadi kenyataan di album Spirit ini. Aku sudah mendengarkan semua lagu-lagu yg ada dalam album ini. Cukup dengan mendengar ulang dari awal sampai akhir sebanyak 3 kali berturut-turut, yg terjadi adalah AKU SANGAT MENYUKAI DAN MENIKMATI ALBUM INI. Well, It has a lot of melody. Mereka memainkan dengan rapi dan kompak. Dengan komposisi musik yg terasa matang, aku yakin pendengar tidak akan merasa cepat bosan dan jenuh jika didengar secara terus-terusan. Mungkin yg bisa dikasih masukan adalah soal lirik lagu. Entah kenapa aku merasa liriknya terlalu bisa. Moga-moga ke depannya bisa diperbaiki dengan cara memasuki lirik yg sedikit puitik.
Sekilas profile J-Rocks, band ini terdiri atas 4 orang personil. Mereka adalah Iman pada posisi vokal merangkap gitar, Sony pada gitar, Wima pada bass dan terakhir tentunya Anton yg menjadi drummer. Sebelum berkesempatan merilis album pertama, J-Rocks setahuku sering partisipasi di setiap acara festival. Akhirnya sampai ada sebuah kompetisi musik yg diselenggarakan oleh Nescafe. Di ajang ini, J-Rocks menjadi juara 1 dan msing-masing personilnya meraih penghargaan best vokalis, best gitaris, best bassist dan best drummer. So, J-Rocks ini bisa dikatakan band yg mempunyai skill handal, bukan band anak kemarin sore....
So..the conclusion is...
Dibandingin sama album pertama, jujur aku jauh lebih suka album kedua, secara disini mereka lebih menjadi diri mereka sendiri..lebih variatif, jadi smua unsur influence musik mereka dimunculin, di nampak kan, ga kayak album pertama yg sangat terasa Laruku nya. yeah, kalo gw kata sih Topeng Sahabat = J-"Larc" RockS, sementara SPIRIT = J-RockS..
And bout the songs, disini lebih variatif, mungkin karena bikinnya kroyokan, jadi sentuhan nya lebih terasa rame..soal hoby experiment, disini JR lebih berani bergokil ria, dengan masukin unsur biola , gregorian, hammond organ, lebih banyak lagu yg pakai piano layer juga, kalo di album satu kan masih yg biasa2 aja, tapi di album dua ini lebih kaya sound, bener gak sia sia penantian selama 2 tahun [masih teringat dengan jelas masa masa dimana aku juga ikut ditanyain kapan album jadinya keluar..padahal sapa juga yg seleb nya.. ==" ]
Umm...sedikit nyamain nih yaa..ada beberapa lagu di album ke 2 yg nuansanya kayak album pertama, such as Tersesal = Into The Silent, Spirit = Lepaskan Diriku, Aku Harus Bisa = Entah Bagaimana, Mestinya Kau Tahu = Mestinya Kuakhiri Semua, Juwita Hati & PDKT = Ceria, Saatnya Aku Bisa = Berharap Kau Kembali...
Tapi sekali lagi itu semua cuman deket secara nuansa loh yaa...secara kan sesama lagu nya JR...hehe..

11 comments:

agesp said...

Laruku versi indonesia nih...

Je said...

setuju hidup J-rocks! Saya juga awalnya tidak suka ini band tapi setelah liat live mereka di youtube keren2 berskill semua!

Mei said...

hidup J-rocks.....
gw ska bgt sma J-rocks....apalg sma gaya anak2 J-rocks yg keren2 abiezzzz.....pkknya gw ska bgt deh sma J-rocks....

henta said...

hidup j-rocks
semoga j-roks tdk mengikuti jejak laruku yg bersolo karir

henta said...

aq suka klo j-rocks pke bju tradisional jepang ok2 bgt tampang nya

henta said...
This comment has been removed by the author.
henta said...

semoga j-rocks tdk akan mengikut jejak laruku yg absen dr jalur band dan memilih bersolo karir,semoga personil j-rocks makin kompak041986

kekkai said...

HI JROCKS LO TAU GAK SIE W TUCH SENENG BNGT MA kalian2 PD PA LG lagu2 NA UGHHHH asyk berat....pengen lg dnk liat kalian di outlet gw di CITOZ tau ga di jco nya... oke.

vindieta said...

haiiiii j-rockss



lo thu g?????/


gee nge fanzzz BGTZZZZ AM KLIANN



CONGRATZZZ YAW ATZZ TERPLH NA KLIAN Ke lonn


wowww


T O P BGTZ!!!!!!!!!!





KLIAN MAMPU KLHIN MUSISI PPN ATS NEGRI NEEE


HUEBATTZZZ!!!

nickel said...

jrock



kapan konser ke solo


aq tunggu

rhy said...

j-rocks keren bgt..
tiap personel'y pnya skill yg oke2..